Rabu, 15 April 2015

Ikan kuah kuning

Salah satu olahan ikan favorit saya dan suami adalah ikan kuah kuning, anak-anak kurang suka tapi sedikit di paksa, dengan alasan makan ikan lebih sehat dan hemat hehehe. Sebenarnya anak-anak gak anti ikan hanya jenis ikan tertentu yang di sukai yaitu mujair , itu pun harus di goreng garing. Cumi harus di goreng krispy...pokoknya serba goreng deh. Kaka mau makan ikan olahan ini dengan syarat harus di suapin. 

Ikan olahan ini enaknya di bumbu pedas seperti di resep aslinya tapi karena biar anak-anak bisa makan, saya biasanya membuat sambalnya terpisah. 

Berikut resepnya  dan cara membuatnya:






Bahan
2 ekor ikan kembung
1 jeruk nipis
2 sdm mangkuk
kemangi secukupnya

Bumbu
4 bwm
2 bwp
kemiri (saya tidak menggunakan kemiri)
cabe dan cabe rawit (secukupnya, kalau saya membuat sambal terpisah)
jahe seruas jari
kunyit seruas jari
1 serei keprek
1 lembar daun salam
1 lembar daun jeruk
1 sdm gula pasir (untuk memberi rasa gurih)
1/2 sdm garam

cara membuat
Bersihkan ikan , lumuri dengan garam dan perasan jeruk nipis, pisahkan
Haluskan semua bumbu dengan ulekan, kecuali daun salam, daun jeruk dan serai
Tumis bumbu sampai harus tambahkan air 600 cc biarkan mendidih.
Setelah mendidih masukkan ikan. Biarkan hingga kuah setengahnya masukkan daun kemangi sampai layu. angkat dan sajikan 

1 komentar:

  1. Ah, kalau aku mak, malas bersihin ikannya :p dan makannya malas ketemu duri :)

    BalasHapus