Selasa, 09 Juni 2015

Lima alasan, saya memilih Mi Tropicana Slim

Sebagai seorang Ibu dan istri, saya lebih banyak membuat keputusan dan pilihan yang menyangkut 'rumah' di banding suami. Soal pengeluaran/membeli  ini itu, memutuskan menu makan setiap harinya, termasuk memilih produk untuk di pakai atau di konsumsi. Memilih dan memutuskan sesuatu bukan tanpa pertimbangan lho. Selalu ada alasan di balik setiap pilihan dari mulai alasan keuangan, kepraktisan dan tentu saja kesehatan. Saya percaya  bahwa sehat berawal dari rumah. Dari rumahlah pembiasaan dan konsep sehat di tanamkan.

Bicara soal mi instan, siapa yang tak suka? Rasanya sangat jarang ya, atau mungkin tidak ada yang tidak suka.  Mi instan, makanan paling populer di Indonesia. Dari anak-anak hingga orangtua suka. Dan untuk urusan mi instan saya pun harus memilih dengan alasan kesehatan, terlebih Papanya anak-anak yang paling suka  tapi dengan alasan khawatir menambah berat badannya ( hasil medical chek up di kantornya merekomendasikan ia untuk  diet J), saya awasi konsumsinya begitupun terhadap anak-anak. 

Tapi kini saya tidak khawatir jika  Papanya anak-anak sesekali makan mi instan asal Mi Kering Tropicana Slim

Berikut lima alasan saya memilih Mi Kering Tropicana Slim;

mi sehat pilihan keluarga

1. Halal 
Pada kemasan Mi Kering Tropicana Slim terdapat logo halal MUI, artinya di proses dan menggunakan bahan halal. Ini memenuhi kriteria makanan untuk saya sebagai seorang muslim.

halal
2. Rendah Lemak 
Kandungan lemak dari  Mi Tropicana Slim 5g atau setara dengan 8% AKG, lebih  rendah di banding mi instan lain. Hal ini disebabkan, mi yang diolah dari terigu di keringkan dengan cara di panggang (di oven)  bukan dengan cara di goreng seperti pada umumnya. Proses penggorengan inilah yang membuat kadar mi instan memiliki kadar lemak tinggi.

Proses pengeringan dengan cara di panggang lebih mahal di banding dengan cara di goreng, mungkin ini yang menyebabkan Mi  Tropicana Slim lebih mahal.  Tapi pilihannya ada pada kita sebagai konsumen pilih yang sedikit mahal tapi sehat atau sebaliknya?

Rendahnya kandungan lemak Mi Tropicana Slim selain dapat di lihat dari angka yang tertera di tabel informasi gizi pada kemasan, juga terlihat dari air bekas rebusannya yang lebih bening dan tidak pekat warna kuningnya.
   
Apa efeknya mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak tinggi?
Lemak di butuhkan tubuh dalam proses metabolisme. Namun jika berlebih atau lemak yang masuk ke tubuh adalah jenis lemak  jenuh dapat menyebabkan peningkatan berat badan  dan meningkatkan kadar kolesterol LDL (kolesterol buruk) dalam darah dan mengganggu kesehatan jantung. Lemak sehat atau lemak tak jenuh tunggal/ganda umumnya terdapat dalam ikan.

3. Rendah Garam 
Garam di sini berujuk pada kandungan natrium yang biasanya di tambahkan ke dalam makanan melalui penambahan  garam dapur   atau MSG (monosodium glutamat). Tubuh membutuhkan natrium untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, transmisi saraf dan kontraksi otot.  Namun asupan natrium yang berlebih dapat menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Kandungan natrium Mi Tropicana Slim 480 mg atau 20% AKG,  umumnya kisaran natrium mi instan lain 950 hingga 1500 mg. 

Sedikitnya kandungan natrium dari Mi Kering Tropicana Slim,  dugaan saya bumbunya dikurangi penambahan garam dan MSG nya. Tapi bukan berarti rasanya menjadi  tidak gurih lho, tetap gurih tapi tidak giung – kalau istilah orang sunda mah. (tidak giung = tidak terlalu).

4. Rendah Kalori
Kalori adalah satuan energi yang di butuhkan tubuh. Energi untuk tubuh menjalankan aktivitasnya. Sumber kalori adalah dari makanan yang di konsumsi dan sumber kalori paling besar berasal dari lemak.

Kebutuhan kalori setiap orang berbeda tergantung usia, jenis kelamin, tinggi badan dan aktivitas. Kebutuhan kalori orang dewasa sehat rata-rata sekitar 2000 kkal setiap hari. Kelebihan kalori dapat menyebabkan peningkatan berat badan.

Kandungan kalori rendah dari Mi  Tropicana Slim (240 kkal)  cocok untuk yang ingin menikmati mi tanpa takut berat badan naik atau yang tengah diet.

Berikut adalah tabel perbandingan Mi Kering Tropicana Slim dengan mi instan lain, tabel saya ambil dari www.tropicanaslim.com
5. Diperkaya serat pangan dan vitamin.
Mi Tropicana Slim di perkaya serat pangan dan vitamin. Besarnya serat pangan dan vitamin terdapat dalam tabel informasi gizi yang tertera pada kemasan yaitu serat pangan 3 gram atau 12% AKG, Vitamin A  atau 10% AKG. Berikut tabel informasi nilai gizi mi kering Tropicana Slim less fat nooddles grilled chicken (ayam bakar)

sumber www.tropicanaslim.com

AKG atau angka kecukupan gizi dalam % yang tercantum pada kemasan ini  adalah nilai AKG untuk kebutuhan energi 2000 kkal, artinya nilai AKG untuk orang dewasa secara umum pada kondisi sehat. Misal untuk serat pangan sebanyak 12% AKG artinya Mi Tropicana Slim mencukup kebutuhan serat pangan sebanyak 12% dari total kebutuhan satu hari (100%).  Begitupula dengan AKG Vitamin A -10%, artinya 10% kebutuhan vitamin A terpenuhi dari makanan ini jika kita mengkonsumsinya.

Untuk itu sangat disarankan  Mi Kering Tropicana Slim di sajikan dengan pelengkap sumber gizi lain, seperti sayuran sebagai sumber vitamin dan mineral. Dan sumber protein seperti telur atau daging, sehingga Mi menjadi kaya gizi. 

sajikan dengan pelengkap agar lebih kaya gizi
Oh ya Mi Kering Tropicana Slim terdiri dari dua varian yaitu less fat noodles ayam bakar dan low fat noodles roasted duck. Informasi nilai gizi yang saya cantumkan di atas adalah dari less fat noodles ayam bakar, untuk informasi nilai gizi low fat noodles roasted duck tidak jauh berbeda, sama-sama rendah lemak, rendah garam, rendah kalori dan diperkaya serat pangan dan mineral.  




referensi tulisan
www.tropicanaslim.com
www.health.kompas.com



12 komentar:

  1. Mak.. itu halalnya belum ada nomor serinya. Belum yakin kalau bener2 halal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca komen mak ika saya langsung meluncur ke www.halalmui.org, search mi kering tropicana slim, ada di daftar produk halal nasional data pdf maret 2010 .

      Hapus
  2. Keren Mba informasinya. Sajian mi-nya tampak menggiurkan. :)

    BalasHapus
  3. Mak rina...bikinin aku :( aku laper ini jadinya bw kesini :( pengenn

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. ayo cobba mba nung, ga bikin gemuk kok heuheu

      Hapus
  5. varian rasanya bikin ngiler!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya namanya mie selalu bikin ngiler mba Maya :)

      Hapus