Selasa, 05 Juli 2016

Puding Roti Apel

Puding roti lagi? Gara-gara pulang kantor pak suami beliin roti tawar yang ukurannya lebih besar dari biasanya. Baru di lihat sudah kebayang bakalan bersisa karena bulan puasa, kalau sudah buka mana ingat roti. Jadilah setelah berhari-hari nganggur dikulkas dibikin puding roti, kebetulan saya punya buku resep yang isinya khusus puding roti, banyak variasinya.



Jadi dicobalah puding roti apel karena kebetulan dikulkas ada stok apel. Dasar bahan dan cara membuat puding roti mirip-mirip jadi biasanya kalau saya bikin takaran di kira-kira, disesuaikan dengan jumlah lembaran roti. Dioven atau dikukus membuat puding rotinya tergantung mood, kalau lagi males ngeluarin oven dikukus tapi puding roti apel ini saya panggang di oven sesuai resep.

Bahan


Roti tawar 4 lembar
1/2 buah apel, potong tipis
75 ml skm + 150 ml air (jika suka manis, tambahkan skm sesuai tingkat rasa manis yang diinginkan)
Potongan kurma tanpa biji
1 butir telur

Cara membuat
Susun 2 lembar roti di wadah lalu irisan apel dan kurma, tutup dengan 2 lembar roti lagi. Aduk susu cair dan telur hingga tercampur rata, masukkan ke dalam susunan roti. Tekan tumpukan roti agar semua bagian roti terendam. Masukkan ke dalam kulkas selama beberapa jam atau semalam (saya pilih semalam). Lalu panggang di oven selama kurang lebih 40 menit.



Di resep tidak dijelaskan kenapa harus disimpan di kulkas dulu. Tapi saya lakukan sesuai petunjuk resep, setelah  puding roti matang dan saya cicipi, kesimpulan saya,  penyimpanan ini agar tekstur apel jadi lembut karena terendam air lama tapi tidak lembek, rasa asam manis dari apel juga masuk ke roti. Enakk...


2 komentar:

  1. Pudding kalo dingin makin enak kok, jadi kayak nya cocok kalo masuk kulkas dulu

    BalasHapus
  2. kebeneran bahan bakunya semua ada nihh.. bikin aah :)
    makasih resepnya maaak

    BalasHapus