Rabu, 30 Oktober 2013

Main Air itu Asik Lho

Azka zahra (5y6m) seperti anak kecil lainnya suka sekali main air apalagi hujan-hujanan. Azka kerap merengek-rengek minta hujan-hujanan kecuali hujannya besar dan disertai geluduk, Azka memilih meringkuk di kamar, karena Azka takut petir J

Tiga tahun lalu, untuk pertama kalinya kami menginjinkan Azka main hujan. Alasannya selain karena Azka merengek ingin main hujan juga karena saya ingin Azka  menikmati hujan. Waktu kecil saya ingin sekali hujan-hujanan tapi tidak pernah dikabulkan Ibu kecuali tak sengaja, pulang sekolah kehujanan. Alasannya khawatir sakit.

main hujan

Sama seperti Ibu, sempat terbersit rasa khawatir Azka sakit karena hujan-hujanan, jadi saya mengijinkan Azka main hujan dengan perlengkapan komplit, jas hujan, sepatu bot dan payung plus kondisi badannya fit.
Sejak saat itu Azka seperti ketagihan, setiap turun hujan gerimis pasti minta hujan-hujanan. Tapi tentu tidak setiap saat saya kabulkan permintaannya, hanya sesekali.

Namun tidak kehilangan akal, ada saja alasannya untuk bisa main air. Cuci boneka, cuci sepeda, bantu Papanya cuci motor atau sengaja mencemplungkan mainannya ke kolam ikan. Seperti beberapa hari lalu, saat saya tengah menggoreng ikan untuk makan siang, Azka dan adiknya Khalif (2y)anteng main air kolam ikan.

main air 

Saya sedikit mengomeli Azka terlebih karena khawatir Adiknya jatuh akibat lantai licin. Segera saya memandikan keduanya. Saat saya membantu Azka mengenakan pakaian Azka berkata,”Ma, aku tahu kalau ikan lagi tidur itu berenangnya miring.” 

“Oh ya,” sungguh, saya gak pernah mikirin bagaimana ikan tidur yang pasti matanya tetap melek.
“Iya, ayo kita lihat.”
Azka menarik lengan saya ke arah kolam ikan.
“Ya, ikannya udah bangun,” katanya sambil menunjuk salah satu ikan.”Tadi jalannya gini, Ma,”Azka memiringkan badannya.”Pelan-pelan.”

Resiko main air dan hujan-hujanan, baju Azka memang jadi kotor dan penuh noda, tapi itu belum sebanding dengan hal baru yang di dapat Azka. Seperti saat sehabis hujan-hujan beberapa waktu lalu Azka berkata,”Ma, hujan itu dari langit ya.”

“Hujan itu dari awan. Awan itu kumpulan uap air.”
“Uap air itu apa?”
Lalu saya mengambil segelas air panas dan menunjukkan uapnya.
“Oh, jadi isinya air. Pantesan awan itu seperti es krim.”
Mama,”?#%&.”

Untuk menjaga daya tahan tubuhnya agar tidak gampang sakit karena main air dan hujan, saya berusaha memberikan makanan bergizi dan mengharuskan mereka tidur cukup (tidur siang).

Karena gemar main air, Azka jadi suka berenang.

Azka waktu les berenang 





2 komentar: