Minggu, 11 Juni 2017

Resep Kue Keju

karena yang mencetak anak-anak, bentuknya
 ya suka-suka mereka. Bentuknya ga mainstream ya :)
Kue keju atau kaastengel. Tahun kedua lebaran bikin kuker sendiri, bikinnya pun nggak banyak hanya satu dua macam, selebihnya ngambil dari rumah Ibu pas mudik hahaha.

Sebenarnya tidak harus nunggu lebaran untuk bikin kuker dan lebaran tidak harus bikin kuker. Jadi kenapa lebaran saya bikin kuker? Karena pak suami dapat thr  jadi ada uang lebih buat coba-coba resep baru hehehe, alasan kedua biar terasa spesial aja. Yang penting jangan sampai mengganggu aktivitas puasa dan ibadah. 


Diniatkan juga bikinnya sebagai ibadah untuk menyenangkan hati keluarga plus jadi ajang belajar anak-anak. Segala sesuatu tergantung niat bukan? Sing penting jangan berlebihan. Tapi itu hanya pendapat saya. 

Anak-anak antusias saat diajak bikin kuker sekalian ngabuburit, jadi mereka yang membentuknya. Penampakannya bukan seperti kue keju yang biasanya berbentuk batang. Anak-anak maunya dibentuk pake cetakan bintang dan apel.

Boleh baca; Kegiatan ngabuburit favorit


Ini pertama kali bikin kue keju sendiri, search resep di google dan buku ternyata macam-macam takarannya sampai bingung, yang mana nih yang pas. Akhirnya saya pilih resepnya (alm) Dapur Bunda dengan sedikit modifikasi. Blogger tahun 90 an pasti kenal sosok ini. Yang belum kenal boleh intip review buku Dapur Bunda yang diterbitkan setelah dia meninggal; Cooking With Love


Berikut resepnya 

Bahan
250 g mentega atau margarine, saya pake 150 g margarine dan 100 g butter
2 kuning telur
300 g tepung terigu (ayak)
75 g keju edam, saya pake 35 g keju edam dan 50 g keju cheddar

Hiasan
Keju cheddar parut/potong

Cara membuat
Kocok mentega dan telur hingga mengembang. Masukkan terigu dan keju. Uleni. Adonan yang didapat teksturnya sangat lembut. Sempat khawatir gagal karena ingat kalau ibu bikin kue keju adonannya lebih keras dikit. Tapi coba dilanjut aja, tidak pake tambahan terigu biar agak keras.

Pipihkan adonan dengan roll, karena ga punya saya pake gelas hehehe.

Dan ternyata hasilnya krunci, garing dan lembut.

5 komentar:

  1. waa... senangnya ya bisa berhasil.
    sama nih sama anak2ku suka bentuk kue sesukanya :P

    BalasHapus
  2. Blog ini pindah k www.semangkukrasakitchen.wordpress.com

    BalasHapus
  3. FAvorite aku nih kue keju, catet ah resepnya. Makasih yaaa

    BalasHapus
  4. Waahh!! Bisa dicoba nih resep kue kejunnya kebetulan istri dirumah hobi buat kue.. Thanks sob sudah berbagi resep makanan unik..😃

    BalasHapus