Sabtu, 12 November 2016

Martabak Unyil

Saya pernah memposting resep Martabak Teplon Nyarang. Kali ini martabak unyil dengan loyang yang saya gunakan loyang martabak seperti di abang-abang penjual martabak. Sebenarnya bisa memakai resep yang sama, saya sudah coba membuat martabak unyil dengan resep martabak teplon nyarang, hasilnya sama. Tapi kali ini saya mencoba resep berbeda. Bedanya ada pada penambahan zat pengembangnya, dulu saya memakai baking powder dan ragi. Kali ini baking powder dan baking soda.



Hasilnya sama-sama nyarang dan enak. Bedanya, kalau memakai ragi sarangnya lebih tebal, menurut saya. Berikut resepnya;


Bahan
125 gram tepung terigu
175 ml air
1 butir telur
2 sdm mentega, lelehkan – dinginkan
1 sdm susu bubuk
½ sdt baking powder
½ sdt baking soda
2 sdm gula pasir
Vanili dan garam secukupnya

Toping ; keju dan meses boleh tambah yang lain tentunya sesuai selera.

Cara Membuat
Campur semua bahan kecuali baking soda. Kocok dengan whisk atau mixer. Pengocokan dengan mixer akan mempercepat adonan mengembang.

Diamkan satu jam. Panaskan wajan martabak hingga panas. Tambahkan adonan martabak dengan baking soda. Aduk.

Tuang martabak ke dalam loyang. Setelah timbul gelembung taburi gula putih secukupnya lalu tutup. Tips untuk mengaturan api bisa di lihat di postingan martabak teplon nyarang.


3 komentar:

  1. Imut2 martabaknya. Saya mau bikin tapi kata suami 'kita beli aja' hihihi... Gara2 sering gagal kalau nyoba resep :D

    BalasHapus