Kamis, 05 Maret 2015

Brownies kukus ekonomis

di atasnya saya taburi gula halus
Pertimbangan pertama saat saya mempratikkan resep kue adalah jumlah telur yang di gunakan, jika lebih dari 5 biasanya saya skip. Alasannya untuk mengurangi kerugian jika kue gagal, maklumlah baking pemula.

Jadi pas nemu resep brownies dengan 2 telur ini langsung eksekusi, hasilnay ternyata enak, lembut. Resep dari sebuah buku khusus resep brownies milik tetangga.

Dengan pertimbangan loyang yang saya miliki agak besar, saya memakai resep ini 1.5 kalinya. jadi telur yang di gunakan 3, terigu 200 g, air panas dan minyak 150 ml, coklat blok tetap, gula 200 gram.
Berikut resep aslinya







Bahan
2 telur
100 gram coklat blok
100 ml air panas
100 ml minyak
125 gram terigu
150 gram gula halus
35 gram coklat bubuk
35 gram tepung maizena
1 sdt baking soda

Cara membuat
1. Adonan tepung : tepung terigu di campur maizena dan soda kue, di ayak.

2. Adonan coklat : 100 gram coklat blok di potong kecil, tambahkan 100 ml air panas dan 100 ml minyak, panaskan dalam panci kecil atau mangkuk alumunium di atas panci berair yang dipanaskan. Angkat jika sudah meleleh dan dinginkan.

3. Adonan telur : kocok gula dan telur hingga mengembang, masukkan adonan tepung berlahan-lahan sambil di kocok rata. Lalu tambahkan adona coklat dan aduk rata dengan spatula.

4. Masukkan ke dalam loyang yang sudah dilapisi mentega dan tepung terigu.
Kukus selama kurang lebih 35 menit. Cek kematangan dengan menusuk dengan lidi, jika lidi kering berarti matang.



9 komentar:

  1. Mudah dan enak sepertinya. Dah lama banget tidak membuat kue.

    BalasHapus
  2. Mudah dan enak sepertinya. Dah lama banget tidak membuat kue.

    BalasHapus
  3. menarik nih mba buat dicoba resepnya :D

    BalasHapus
  4. Enyaak, kalo anakku pasti yang diincar duluan gula halusnya nih, dijilatin dulu, bronisnya ntah dimakan ntah ngga hihihi

    BalasHapus
  5. Saya suka resep yang bahan bahannya MUDAH di dapat. Saya suka brownies karena mudah dan bahannya juga gampang di dapat. Untuk tidak ada keju Mozarella ya. Soalnya sulit nyarinya di Pontianak

    BalasHapus