Senin, 13 Maret 2017

Bolu Pisang

bolu pisang pake cetakan muffin :)

Dipostingan sebelumnya saya share resep Muffin pisang. Kali ini mencoba versi bolunya. Apa bedanya? Kalau bolu bikinnya diaduk pake mixer jadi mengembang dan takarannya beda. Versi muffin atau bolu, sama-sama enak. Tapi tekstur bolu lebih lembut walaupun tidak memakai baking powder, karena dimixer sampai mengembang.


Saya termasuk yang terlambat suka kue-kue bolu/cake. Inget banget waktu Ibu rajin bikin kue bolu. Waktu itu lagi tren bolu ketam hitam, Ibu bikin berkali-kali. Ibu juga pernah bikin bolu pisang. Tapi saya cuma makan sepotong karena (menurut) lidah saya bikin eneg. Pokoknya tidak suka kue –kue bolu. Mending goreng pisang, kukus ubi, atau peuyeum (lidah ndeso hahaha). Jadi kalau tiap lebaran Ibu bikin kue bolu saya nyicipin paling sepotong makan.

Sekarang saya suka kue-kue bolu atau cake. Dan apa yang saya alami saat kecil terjadi pada Azka.  Tiap saya membuat beragam camilan dia hanya makan segigit dua gigit kecuali macaroni panggang. Kadang super bete. Masih mending waktu saya kecil gak suka bolu tapi suka jajanan kampung lha ini gak juga.

Jadi apa makanan kesukaan kaka? Nasi dan ayam. Olahan ayam apapun suka.
Untunglah Adik dan Paksu suka apapun bebikinan saya. Ini yang bikin saya semangat bikin ini itu. Cari resep bolu pisang di internet banyak banget sampai bingung. Mencoba satu resep, bisa dibilang gagal, teksturnya terlalu lembek. Perocbaan berikutnya pake resep dari tabloid (yang saya gunting dan temple di buku – entah tabloid edisi kapan, pokoknya udah lama). Dan ini yang rasa dan teksturnya cocok.

Berikut resepnya.

Bahan
400 g pisan ambon yang sudah sangat matang, saya ganti pake pisang uli karena di sini pisang uli banyak dijual dan murah
400 g gula pasir (saya pakai 350 g biar tidak terlalu manis)
4 telur ayam (saya pakai 3 telur)
200 ml minyak
100 ml susu cair (jika pakai susu SKM kurangi gulanya)
500 g tepung terigu
10 g baking powder (saya tidak pakai, agar tetap mengembang saya kocok adonan agak lama).

Cara membuat
Haluskan pisang dengan centong kayu.
Kocok pisang yang sudah halus dengan gula (dengan mixer) masukkan telur satu persatu sambil tetap dikocok dengan kecepatan tinggi sampai mengembang dan kental.


Tuang minyak dan susu, aduk rata.
Masukkan tepung, aduk rata.
Tuang adonan ke dalam loyang 18 X 18 X 7 cm (kalau saya loyang muffin).
Panggang di oven pada suhu 180 derajat (saya suhunya dikira-kira karena pake oven jadul hehehe. Oven kurang lebih 45 menit.




1 komentar: