Rabu, 12 Oktober 2016

Saus Daging dan Saus Keju, Dua Resep Serba Guna

Selain suka tidak ada ide membuat camilan untuk anak-anak di rumah atau bekal sekolah, saya juga suka merasa rempong karena beberapa camilan yang disukai anak-anak ribet membuatnya. Harus rebus ini dulu, masak ini dulu, baru campur-campur dan dimasak.

saus daging dan saus keju 

Sampai saat stalking ke IG nya teh Ayudiah Respatih (duh foodphotonya gak nahan), nemu resep saus daging dan saus keju, satu kali praktik dan berhasil, langsung ketagihan. Selain rasanya enak, kedua resep bisa jadi stok untuk membuat beragam pasta dan camilan lain. Saus daging dan saus keju ini untuk membuat macaroni chotel, spagetti, atau pizza. Saus dagingnya bisa juga untuk membuat bitterballen atau kroket kentang.


Awalnya saya membuat saus keju ini plek tumplek sesuai resep, kini setiap membuat saus keju   tanpa tambahan merica, pala dan oregano jadi bisa dipake olesan roti, saus singkong Thailand atau olesan martabak. Merica, pala dan oregano saya tambahkan saat membaut pasta.

Tahan berapa lama saus daging dan saus keju di simpan di kulkas? Seminggu masih bagus. Saus keju pernah lewat seminggu dan rasanya masih enak, tapi untuk amannya mending simpan di chiller atau freezer, buat dalam tempat-tempat kecil, jadi yang dikeluarkan yang akan dipakai saja, jika membuat sekalian banyak untuk stok.

Saus Daging
Bahan
2 sdm minyak zaitun + butter (saya pake butter aja)
2 siung bawang Bombay (saya pake satu)
250 gram daging cincang
3 siung bawang putih
2 sdm pasta tomat (saya tidak pake karena gak punya :))
5 sdm saus tomat (saya tidak pake juga karena gak punya:))
5 tomat matang seduh, buang kulit dan biji, blender.
1 buah wortel iris kotak kecil
250 ml air.
Garam, merica, pala bubuk, gula dan daun oregano kering secukupnya (koreksi rasa)

Cara membuat
Panaskan butter masukkan bawang Bombay iris (tipis) dan bawang putih, tumis hingga harum, masukkan daging cincang, bolak balik hingga berubah warna dan air habis, masukkan wortel, tomat, dan air. Aduk,  tutup hingga air tinggal sedikit, matikan api, tambahkan garam, merica, pala dan daun oregano.

Saus Keju
Bahan
2 sdm butter
1 sdm terigu
250 ml susu cair (saya pake susu sachet danc** bukan kental manis - seduh dengan air)
75 gram keju cheddar
50 gram keju mozarela
Garam, merica, pala dan oregano (saya tidak pake merica, pala dan oregano agar saus keju bisa saya pake untuk olesan roti atau saus untuk membuat singkong Thailand)

Cara membuat
Panaskan butter masukkan terigu, aduk lalu susu cair, aduk higga terigu tidak menggumpal, lalu masukkan keju cheddar dan mozzarella yang sudah di parut, aduk hingga saus meletup-letup dan cairan menyusut. Matikan api lalu tambahkan garam. Koreksi rasa. 




8 komentar:

  1. Kenapa gak pake pasta dan saus tomat, Mbak? Trus, susu sachet kan lebih manis daripada susu cair, berarti saus kejunya ada manisnya, ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. thank u koreksinya mba Myra sudah saya edit :) maksudnya susu sachet danc** bukan kental manis. gak pake pasta atau saus tomat karena tidak ada stok di rumah dan membayangkan kalau pake itu rasanya asam, jadilah tidak pake

      Hapus
  2. Aduuh aku ngiler ini liatnya, pengen nyoba jadinya.

    BalasHapus
  3. dulu mama srg bikin saus daging gini mba.. biasany utk stok, kalo mau bikin kroket, ato risoles... tapi yg ada, dicemilin ama kita anak2nya, dimakan gitu aja , ato kdg jd isian roti tawar ;D.. emang enak sih..

    BalasHapus
  4. aku pernah bikin ini. tp ga pake keju n susu. lupa buat isian apa gitu :D

    BalasHapus